Kontoversial Bahaya Radiasi Hand-phone

Pemakaian hand-phone atau mobile-phone telah menjadi trend yang luar bisa. Tercatat 570 juta pemakai hand-phone di seluruh dunia. Diperkirakan dalam jangka waktu 5 tahun lagi jumlahnya meningkat hingga mencapai 1,4 bilion.
Bahaya yang sempat dilansir adalah seputar radiasi akibat pemakaian telefon selular, dicurigai dapat menyebabkan terjadinya tumor otak. Tetapi apakah gelombang radiasi yang dipancarkan antenna hand-pone dapat mengganggu jaringan sel otak — berhubung demikian dekatnya ke kepala sewaktu berbicara. Masalahnya radiasi yang disebutkan rawan terhadap paparan gelombang elektromagnetik, masih menjadi kontoversial yang tak terpecahkan.
Membimbangkan ketika awal Ogos tahun lalu seorang ahli saraf (neurologist) dari Maryland, AS mengajukan saman berenilai $ 800 juta kepada pembuat mobile-phone serta Persatuan Industri Telekomunikasi Selular ( CTIA - Cellular Telephone Industry Association ). Neurologist tersebut ialah Dr. Christopher Newman yang menderita penyakit tumor otak yang muncul kerana keaktifannya dalam menggunakan hand-phone. Namun sampai saat ini saman tersebut masih berhasil ditolak dengan alasan bahwa bukti dan kajian ilmiah yang mendukung risiko terjadinya kanker otak dinilai tidak cukup meyakinkan.
Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan hand-phone adalah sejenis gelombang microwave yang termasuk jenis radiasi non-ionisasi dan levelnya tergolong rendah / low level radiation.
Dari puluhan kajian ilmiah yang telah dilakukan sampai sekarang ini, belum terdapat bukti ilmiah hasil olahan kajian yang skala cakupan dan secara komprehensif dapat meyakinkan bahwa efek radiasi non-ionisasi pada pemakaian hand-phone berakibat serupa dengan efek pancaran radiasi gelombang elektromagnetik jenis ionisasi yang telah dinyatakan positif sebagai salah satu penyebab tumor otak atau pun kerusakan DNA pada sel jaringan tubuh manusia.
Namun demikian berhubung bagi pengguna yang kerap memakai hand-phone, para ahli mengingatkan pemakai mobile-phone agar tetap bijak dan berhati-hati. Para ahli organisasi kesihatan sedunia (WHO) sangat menganjurkan agar pemakaian hand-phone terutama di kalangan usia kanak-kanak dibatasi sedemikian rupa ataupun pemakaiannya dengan menggunakan “hands-free” guna meminimalkan risiko yang mungkin terjadi, berhubung alasan rawannya sel otak dalam usia kanak-kanak yang sedang mengalami pertumbuhan.
WHO kini tengah mengadakan kajian menyeluruh mencakup 10 negara guna menyingkap kesan pemakaian mobile-phone terhadap risiko terjadinya kanker pada jaringan tubuh di daerah leher dan kepala. Namun hasil kajian ini baru akan dapat rasmi diumumkan pada tahun 2003.
Menjawab desakan orang terhadap risiko pemakaian hand phone, maka para raksasa pengeluar mobile-phone , seperti Nokia, Erricson, dan Motorolla, juga telah mengambil langkah positif guna mencantumkan besaran Spesific Absorption Rate (SAR) pada setiap produk hand-phone paling lewat awal Ogos tahun 2001.
Nilai SAR ( watt/kg ) didefinisikan sebagai batas selamat jumlah maksimal radiasi gelombang elektromagnetik (watt ) dari hand-phone jika terpapar atas 1 kilogram jaringan tubuh manusia pada saat telefon sedang dipergunakan.
Standard yang sementara ini diikuti di Eropa nilai SAR < 2.0 ., FCC - Federal Communication Commission., AS menetapkan < 1,6.
Patut diketahui bahwa model hand-phone yang menentukan jauh dekatnya posisi relatif antenna terhadap kepala juga akan sangat menentukan besar kecilnya nilai SAR. Umumnya model hand-phone model lipat dengan antenna yang terpasang pada flip bagian bawah hingga membuat posisi antenna relatif jauh terhadap kepala pemakai akan memberikan efek SAR yang kecil.
Bagi para pemakai hand-phone di tanah air yang menaruh perhatian pada masalah risiko ada baiknya menyimak pengumuman yang dikeluarkan FCC, Amerika Serikat dan UK, mengenai indeks SAR beberapa produk hand-phone yang cukup popular di tanah air seperti berikut ;
Motorola V3688/8088 — 0.02Motorola Startac — 0.10Nokia 8810 — 0.22Nokia 6110 — 0.87Nokia 6150 — 0.98Ericsson T18s — 0.97Nokia 8210 —— 1.09Nokia 3210 —— 1.14Nokia 3110 —— 1.24Siemens C25 —— 1.33Nokia 5110 —— 1.45Ericsson T28 —— 1.49

Tidak ada komentar:

Posting Komentar