11 Langka Jitu Berhenti Merokok

Cara Kerja
Ketika Anda merokok, nikotin terserap ke dalam darah dan mengalir menuju reseptor otak. Nikotin merangsang reseptor otak untuk melepaskan sejenis kimia yang disebut Dopamin. Zat inilah yangmemberikan sensasi rasa nikmat dan tenang. Tetapi, efek nikotin ini hanya berlangsung singkat. Olehkarena itu, timbul dorongan untuk merokok lagi. Berdasarkan hasil riset, VARENICLINE bekerja dengan caramemblokir nikotin sehingga tidak menempel pada reseptor otak. Sehingga jumlah Dopamin yang keluar lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah Dopamin akibat efek nikotin. Dopamin tetap ada sehingga efek ketergantungan nikotin (rasa pusing, sulit berkonsentrasi dan “bad mood”) tidak terlalu tinggi dibandingkan stop merokok tanpa obat. Selain itu, rasa nikmat yang ditimbulkan rokok tidak lagi senikmat biasanya.
Anda seorang perokok? Dan Anda berniat untukstop merokok? Mudah saja! Kini ada solusicepat untuk stop merokok. Langkah pertamakenali pemicu-pemicu tersebut dan konsultasikanke dokter. Jika merokok sudah menjadi rutinitas, itulahbentuk ketergantungan nikotin. Kenali cara kerjanya,siklus ketergantungan nikotin, resiko hingga upaya stopmerokok.
Ketergantungan Nikotine
Kata “ketergantungan” mungkin terdengar mengerikan di telinga Anda, tapi secara perlahan-lahan rutinitas merokok Anda berubah menjadi ketergantungan terhadap nikotin. Ketergantungan nikotin merupakan bentuk kecanduan secara fisik dan psikologis terhadap nikotin. Itulah penyebab mengapa Anda sulit stop merokok. Berapa kali Anda pernah mencoba stop merokok? Para perokok rata-rata pernah mencoba 6 - 9 kali usaha untuk stop merokok selama hidupnya. (Dikutip dari Zbikowski, 2004: US Surgeon General, 2001).Jika pernah mencoba stop merokok sebelumnya, Anda mungkin menjadi cepat marah dan gelisah jikatidak mempunyai sebatang rokok. Hal itu terjadi karena otak Anda telah terbiasa dengan efek nikotin. Semakin sering Anda merokok, maka semakin tinggi kadar nikotin yang Anda butuhkan untukmendapatkan sensasi perasaan tenang dan senang. Ketika dorongan untuk merokok sangat besar dan rokoktidak dihisap, maka muncul gejala-gejala ketergantungan nikotin seperti pusing dan sakit kepala, susah tidur/ Insomnia, cepat lelah, sulit konsentrasi, gelisah dan mudah marah, batuk-batuk dan nyeri tenggorokan, sakit perut, kembung dan susah buang air besar, detak jantung melemah.
Siklus Ketergantungan Nikotin
Ketika menyalakan sebatang rokok nikotin bekerja dalam tubuh Anda sehingga menimbulkan ketergantungan nikotin:
• Saat merokok nikotin masuk ke dalam aliran darah menuju semua bagian dalam tubuh. Molekul nikotinsangat kecil dan mudah larut dalam air dan lemak. Sehingga dalam hitungan 10 - 20 detik, nikotin telah mencapai sistem saraf pusat.
• Ketika berada di dalam otak, nikotin merangsang pelepasan zat kimia yang disebut Dopamin, yangmemberikan sensasi perasaan senang dan tenang. Namun, sensasi ini hanya berlangsung singkat.
• Dalam waktu 1 - 2 jam, tingkat Dopamin seketika turun drastis, sehingga otak akan memberikan respon dan dorongan untuk merokok lagi. Dan semakin banyak nikotin yang Anda konsumsi, semakin tinggi juga risiko Anda terkena penyakit-penyakit berisiko tinggi akibat rokok. Hal ini dikarenakan nikotin dapat terakumulasi di dalam hati, ginjal, lemak dan paru-paru.
Resiko Merokok
Kesehatan adalah aset Anda yang paling berharga. Berdasarkan data yang terkumpul antara tahun 1995dan 1999, Centers for Disease Control (CDC) memperkirakan perokok dewasa pria rata-rata kehilangan13.2 tahun dari kehidupannya dan perokok dewasa wanita rata-rata kehilangan 14.5 tahun dari kehidupannya karena merokok. Oleh karena itu, stop merokok sekarang juga. Risiko-risiko kesehatan akibat merokok sebenarnya disebabkan oleh bahan-bahan lain yang ditemukan dalam rokok Anda. Contohnya,rokok tembakau mempunyai lebih dari 4000 bahan kimia berbahaya dan 250 diantaranya dapat menyebabkan kanker. Berikut ini beberapa dampak dan risiko penyakit akibat rokok:
• Kanker paru-paru, kanker mulut, kanker usus, kanker ginjal, kanker mulut rahim, kanker darah, kanker tenggorokan, kanker pankreas dan kanker kandung kemih.
• Penyakit jantung: serangan jantung dan stroke.
• Gangguan saluran pernapasan: Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK), infeksi paru (pneumonia) dan asma.
• Pada kehamilan dan persalinan: berat badan lahir rendah, komplikasi kehamilan, infertilitas dan kematianjanin secara mendadak.
• Lain-lain: luka lama sembuhnya, tulang pinggul retak, densitas tulang yang rendah dan katarak.
11 Langkah Jitu Berhenti Merokok
Memulai sesuatu adalah hal paling sulit untuk dilakukan oleh semua orang. Begitu juga dengan stopmerokok. Jadi, jika Anda berniat untuk segera memulai stop merokok, ada beberapa langkah yang dapatdilakukan:
1. Buat komitmen dengan diri Anda sendiri untuk stop merokok.
2. Cari motivasi atau inspirasi Anda untuk stop merokok. Mungkin demi keluarga atau demi kesehatan.
3. Mintalah orang-orang terdekat seperti teman dan keluarga untuk mendukung dan mengingatkan Andaketika keinginan merokok datang.
4. Temui dokter dan konsultasikan niat Anda untuk stop merokok.
5. Tetapkan tanggal stop merokok Anda. Beritahukan orang orang terdekat dan dokter untuk mengingatkan Anda.
6. Carilah program-program dukungan stop merokok untuk membantu Anda.
7. Singkirkan semua hal yang dapat mendorong atau mengingatkan Anda untuk merokok seperti korek ,asbak dan rokok.
8. Jika keinginan untuk merokok kembali muncul tarik nafas dalam-dalam untuk menenangkan diri.
9. Minum air putih sesering mungkin dan makan makanan yang bergizi.
10. Berolah raga.
11. Makanlah cemilan atau permen ketika mulut terasa pahit dan muncul keinginan untuk merokok.
SELAMAT MENCOBA

5 komentar:

  1. Rokok Herba Sin (TSI)
    Solusi terbaik beralih dari Rokok Kimia
    http://rokokherba.com

    BalasHapus
  2. Lebih ampuh...nekad mw berhenti. Klu gk nekad gk sukses semua teori

    BalasHapus
  3. Lebih ampuh...nekad mw berhenti. Klu gk nekad gk sukses semua teori

    BalasHapus
  4. Lebih ampuh...nekad mw berhenti. Klu gk nekad gk sukses semua teori

    BalasHapus